Langsing dan Sehat dengan Akupunktur (Artikel)

Badan langsing, perut rata, siapa sih yang nggak mau?. Dalam kurun waktu dua bulan saja, badan yang semula gemuk penuh lemak bisa susut hanya dengan bantuan jarum yang ditusukkan ke titik-titik tertentu di tubuh kita. Terapi inilah yang dikenal dengan teknik Akupuntur.

Pengobatan tradisional Cina ini telah dikenal sejak 2,500 tahun yang lalu. Proses terapinya digunakan jarum-jarum untuk menstimulasi titik-titik tertentu yang dipercaya dilalui energi yang disebut ‘meridian“. Jarum ditusukkan tepat di jalur meridian sebagai jalur akupuntur. Nah, teknik Akupuntur inilah yang kemudian digunakan untuk memperbaiki energi yang mengalir dan tidak seimbang di dalam tubuh kita.

Kini, tak perlu liposuction (sedot lemak) untuk bisa membuatmu tampil langsing. Dengan terapi akupuntur bisa mengatasi masalah kelebihan berat badan (obesitas). Terbukti terapi akupuntur untuk pasien obesitas sangat efektif dan tanpa efek samping. Penelitian pernah dilakukan pada 802 kasus obesitas. Hasilnya dalam kurun waktu 8 minggu, terbukti dari 594 kasus (74%) diperoleh hasil penurunan berat badan antara 7-10 kilogram.

Titik efektif untuk terapi obesitas adalah titik lapar atau T18. Nah, titik lapar ini berada di telinga kamu. Jangan membayangkan jarum yang ditusukkan itu adalah jarum suntik, karena untuk terapi akupuntur ini digunakan jarum khusus. Selama seminggu, telingamu akan ditusuk dengan jarum telinga atau press needle yang direkatkan dengan plester.

Setiap kamu merasa lapar, cukup tekan jarumnya selama 2-3 menit atau setengah jam sebelum waktu makan, tiga kali sehari. Efek tekanan jarum di telinga ini akan merangsang ramus auricularis nervus vagus, yaitu saraf-saraf yang ada di daun telingamu dan berhubungan dengan sistem pencernaan bagian atas. Jadi, kontraksi otot di lambung saat kamu lapar bisa ditekan sehingga kerja lambung menjadi tenang. Hal ini tentu saja bikin kamu jadi tahan lapar. Oiya, seminggu sekali kamu harus mengikuti evaluasi respon subyektif pengurangan rasa lapar dan respon obyektif dari penurunan berat badan untuk terapi rutinnya.

Akupuntur ternyata tak hanya diterapkan untuk terapi kecantikan saja. Pada beberapa kasus penyakit yang ditangani secara rutin dan terpadu bisa disembuhkan dengan akupuntur. Terbukti sejak 1978, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah merekomendasikan pengobatan akupuntur dalam pelayanan kesehatan di samping pengobatan dokter secara umum.

Lalu, gimana sih cara kerja Akupuntur untuk pengobatan penyakit? Dalam keadaan berbaring, telungkup atau telentang, ahli akupuntur akan memilih titik-titik di tubuh kita untuk distimulir. Jarum-jarum ini akan dibenamkan ke dalam tubuh selama 30 hingga 45 menit, tergantung dari tujuan Akupuntur itu. Setelah ditusukkan ke dalam tubuh, beberapa saat kemudian kamu bakal merasakan sakit, kaku, atau kesemutan (rasa kebal di tubuh ). Tak jarang juga kamu bakal pusing atau mual selama pengobatan.

Tidak sedikit juga loh masyarakat yang belum percaya dengan pengobatan akupuntur ini karena melihat peralatan (jarum) yang digunakan. Tap jangan takut, karena jarum yang digunakan hanya sekali pakai kok. Ini bertujuan agar pasien tidak terjangkiti virus penyakit pasien lainnya, sehingga penyebaran penyakit bisa diminimalisasi.

5 Comments

Filed under Uncategorized

5 responses to “Langsing dan Sehat dengan Akupunktur (Artikel)

  1. pengen nich…langsing..kapan ya bisa langsing???

  2. anita

    kira2 boleh tau tarif sekali akupunktur dsna? dibawah 500rb kah atao bgmn??
    cz saya masi kuliah jd keuangannya seret…

    • inspirasisehat

      Untuk mahasiswa ada tarif khusus untuk Paket 10 kali terapi, untuk saat ini harga dibawah 500rb kok(walaupun sewaktu waktu dapat berubah)… untuk lebih jelasnya bisa hubungi langsung nomor telfon kami atau datang langsung ke klinik kami konsultasi kami berikan geratis …. ok salam dan terima kasih….

  3. anwar

    wah bagus banget tu ilmunya..
    saya sudah pernah mengikuti pelatihan aku puntur dan hasinya cukup bagus.
    tapi masih dasar ( aliran cikung)!
    pak boleh kirimi ke alamat email saya tentang bagian-bagian yang akan di tusuk jarum akupuntur. plz.
    makasih

    • inspirasisehat

      Kami dari Akupunktur Medik, akupunuktur yang dilakukan oleh dokter, Bila Bapak ingin belajar akupunktur secara umum dapat melihat buku- buku yang di jual umum di toko buku…
      Terima kasih atas perhatiaannya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s